[TW] : Wisata Bahari Lamongan (WBL), Museum Satwa , Batu Secret Zoo (Jatim Park II) , Batu Night Spectakular (BNS) , Selecta dan Kusuma Agrowisata – Jawa Timur

Published Juli 22, 2012 by Eonni

Liburan sekolah bulan Juni – Juli 2012 kali ini, Emak dan keluarga jalan2 ke beberapa tempat wisata di Jawa Timur. Selain lumayan dekat dengan rumah .. ( maksudnya sama2 di pulau jawa gitu hehehe :P )  tempat yang rencana kami kunjungi ini letaknya cukup berdekatan jadi irit waktu .. psst niatnya awalnya sih cuman 2 atau 3 hari tapi pada akhirnya molor mpe beberapa hari.

Soo .. lets go to HOLIDAY With Emak Fam.

Day 1 .. Perjalanan ke kota Lamongan

Rencana awal sih akan berangkat pagi hari sekitar jm 06.00 wib dari rumah. Tapi mendadak mbak Dyni bersama grupnya dapat undangan menari di Pemkot Salatiga. Bukan sembarang tarian namun Tari Saman yang ditarikan 30 anak soo jika salah satu anggota tidak hadir bakalan kacau tuh formasi.

Alhasil .. Emak n kel akhirnya berangkat dari rumah jam 10.00 .. Rute yang diambil ke Semarang dulu, nyamperin Nenek dan Ravi (sepupu anak2). Bla bla bla .. setelah ngobrol ngalor ngidul dulu dengan mpok Atik (kakak Emak/ibunya Ravi) finally jam 12.00 an akhirnya beneran berangkat HOLIDAAIIIII ß pakai huruf I biar manteb .. hehehe.

Karena sebelumnya Ayah (suami Emak) baca Koran jalur Pantura macet di bebererapa ruas sekitar Rembang – Pati karena perbaikan jalan, maka di putuskan lewat jalur tengah. Semarang – Purwodadi – Blora – Cepu – Bojonegoro – Lamongan.

Waaahhh ternyata sama aja .. Jalur tengah Purwodadi – Blora juga sedang perbaikan (betonisasi) jadi macet coz di beberapa ruas hanya 1 jalur yang bisa dipakai, mesti gentian getuh. Gpp lah menikmati macet toh anak2 juga enjoy di mobil walau full ( 7 org = 3 dewasa 2 remaja tanggung n 2 anak2 ).

Efek macet n memang sudah jamnya makan siang , kami mampir di RM 88 di jl Raya Godong Purwodadi yang menu andalannya Sup Ikan yang ternyata memang rasanya hmmm yumieee .. (rekomend dech)

After maksi .., kami lanjutin perjalanan lagi dengan beberapa kali brenti di pom bensin untuk sholat dan biasaaa kalau angkut 4 anak yang pada kebelet pipisnya nggak bisa bareng hehehe.

Alhamdulillah perjalanan kami lancar walau ada kalanya nyasar dikit, efek emak yang sok tau arah jalan. *_^ (mobil gak pake gps hanya mengandalkan peta atlas dan tanya orang)

Jam 21.00 wib kami tiba di Lamongan dan menginap di hotel Merdeka (setelah muter2 nyari hotel yang ternyata hanya sedikit di kota Lamongan). Dan malam ini waktunya istirahat setelah seharian di jalan untuk memulihkan stamina guna aktifitas esok hari. Zzzz…ZZ …

Day 2 : Wisata Bahari Lamongan

Abis mandi n sarapan tujuan Emak n kel adalah Wisata Bahari Lamongan dan Maharani Zoo cek Link http://wisatabaharilamongan.com/  yang letaknya di daerah Paciran. Karena kami menginap di kota (nya) Lamongan maka butuh 30 mnt untuk sampai Paciran. Rute Lamongan (kota) – Sukodadi –  Karanggeneng – Solokuro – Paciran .. antara Solokura – Paciran ada wisata Religi yaitu Makam Sunan Drajat.

Akhirnya sampai WBL pas jam buka yaitu 08.30 , toh gitu yang antri tiket sudah mengular, maklum musim liburan begini. Harga tiket Rp 60.000 untuk WBL , Rp 30.000 untuk Maharani Zoo atau Paket tiket WBL + Maharani Zoo Rp 80.000

Emak sengaja hanya beli tik WBL karena memperkirakan bakal seharian di WBL dan nggak bakalan sempat nyamperin Maharani Zoo.

Ok .. udah dapet tix .. lets get playing wt fam .. J. Btw nggak usah bingung di lahan luas WBL coz dari pintu masuk Ayah udah ambil map daftar wahana yang ada di WBL, bila terlupa ambil map , tinggal ikuti aja arah petunjuk “ RUTE SELANJUTNYA “ yang di pasang pengelola di jalan.

Eh iya .. karena lahan WBL sangat luas maka pengelola menyewakan E-Bike rada mirip ATV tapi lebih simple. Hanya saja harga sewanya per 3 jam Rp 100.000/kecil dan Rp 200.000/besar/2org ..  fuiihh kalo Emak ada 7 anggota bisa dikalikan tuh. Jadi untuk irit toh sekalian olahraga , maka kami jalan kaki saja .. wink wink.

Wahana pertama yg kami tuju adalah Rumah Kucing. Di dalam rumah kucing terdapat ruang2 kaca spt aquarium raksasa gitu dan di dalamnya terdapat berbagai jenis ras kucing. Kalau di pet shop beberapa jenis kucing itu harganya bisa jutaan rupiah tuh he he he he

Selanjutnya ke wahana PERMAINAN. Semacam arena ketangkasan, ada airsoft gun, lempar bola basket, mancing ikan, lempar bola dengan sasaran kaleng di tumpuk dll. Disini tiket terusan tidak berlaku tapi kalau ingin mencoba permainan di sini murah kok Tiketnya cuma Rp 1.000

Abis main ketangkasan sebenarnya rute berikutnya ada Bioskop 3D tp waktu itu sedang nggak beroprasi yach akhirnya lanjut destination selanjutnya RUMAH SAKIT HANTU. Udah tau bakalan takut and seram tapi anak2 tetap maksa masuk n karena Emak tipe penakut maka mereka di temani Ayah aja sementara Emak dan Nenek nyantai nunggu di bawah pohon. Beneran tuh setelah keluar dr RumKit Hantu mereka masih jejeritan walau bukan takut tapi karena seru. Hiii hi hi hi ß bayangin tawanya pocong yak :P

Sekitar RumKit Hantu ada wahana TAGADA kalo di pasar malam tuh biasa di sebut Ombak Banyu, trus Arena Go-Kart yang kena cash 1 lap Rp 17.000 2 lap Rp 30.000. Kemudian Rotary Coaster alias bianglala .. Istana Bawah Laut yg isinya permainan anak2 di bawah 12th, dilanjut wahana Motto Cross dan ATV yg cash tixnya Rp 10.000

Wahana selanjutnya Istana Boneka yg isinya boneka2 ala dongeng 1001 malam

Abis itu nggak afdol wisata bahari kalo nggak masuk ke Galeri Kapal dan Kerang isinya berbagai macam replica kapal dan aneka bentuk kerang yang di letakkan dlm aquarium.

Ingin liat Jonny Deep si Bajak laut so jangan lewatkan Sarang Bajak Laut .. disini ternyata anak2 emak agak ngeri soalnya itu boneka bajak lautnya agak serem .. he he he

Kemudian ada juga Goa Insectarium , Tembak Ikan , Wahana Speed Flip yang bikin pusing , Wahana Drop Zone yang kata mas Dyka bikin udel geli .. hehehe , terjebak gak tau jalan keluar di Planet Kaca, Playground Remaja lalu Taman Berburu yang ternyata kita naik kereta mini kemudian berputar2 di area berburu dan di sana ada patung2 binatang yang harus kita tembak dengan pistol yang ada sensornya dan asyiknya lagi di akhir zona ada papan score siapa yang dapat menembak target paling banyak. Score Emak cuma nomer 2 di bawah mas Dyka yg peringkat 1.

Yang bikin Emak cukup kapok pas nemenin Mbak Dyni naik wahana Crazy Car Coaster , benernya cuma mobil kecil yang naik turun di rel tapiiiiiii sumpah Emak ketakutan setengah mati berasa mau terlempar dari itu mobil mini walaupun safety belt udah aman terpasang. Untuk yg satu ini hanya satu kata KAPOK nggak bakalan dech naek lagi padahal anak2 malah ketawa2 ngakak .. @##$%*^&%  :P

Didekat CCC ada resto dan tempat istirahat. Menunya macam2 dan tentu aja ada Soto khas Lamongan .. yumieee. Harganyapun wajar nggak terlalu mahal untuk ukuran obyek wisata.

Wahana selanjutnya BUMPER CAR dan Wahana paling menegangkan menurut Emak , wahana RANGER yg ini hanya Ayah yang berani naik, nggak ngebayangi dech badan terbalik 360 derajat .. hiiiihh ngeri. Emak sempat heran ada ibu2 paruh baya mungkin 50than maksa naik padahal anaknya udah ngelarang. Dan beneran waktu wahana selesai si ibu terlihat pucat pasi dan langkah kakinya gemetar .. antara geli dan kasihan lihatnya.

Wahana lain yang mendebarkan juga ada yaitu Jet Coaster yang viewnya persis di pinggir laut. Benernya ada satu lagi yaitu Paus Dangdut namun wahana ini juga sedang dalam perawatan jd nggak beroprasi. Lalu Space Shuttle yang bikin kaki gemetar n disarankan teriak yang keras ya jika takut … kemudian ada Flying Fox yang terbentang melewati teluk hingga dermaga.

Puas teriak2 akibat wahana yang mendebarkan kami masuk wahana Permainan Air yang ternyata disini DILARANG KERAS TERIAK2 karena begitu kita berteriak maka air akan menyemprot sekujur tubuh, semakin keras berteriak dan mencoba menghindar akan semakin banyak air yang menyemprot karena ada sensor yang mendeteksi suara serta gerakan tiba2 pengunjung. Alhasillll .. keluar dari wahana ini baju basah kuyup semua. Warning .. alat elektronik tustel hp simpan rapat dlm plastic jika nggak mau rusak kena air.

Dan akhirnya apalagi yang di tunggu anak2 kalau nggak main air di Kolam Renang

Di sebelah kolam renang ada Panggung Gembira yg menampilkan band indie local lalu GALAPAGOS yg ini isinya Emak nggak tau karena nggak masuk. Kemudian hamparan pasir laut yang lumayan luas dan jika ingin menikmati pasir dengan naik ONTA hany kena cash Rp 20.000/putaran.

Di teluknya ada permainan air Kano dan Sepeda Air untuk di laut lepasnya ada Banana Boat Rp 175.000/paket/5org , Speed Boat Rp 100.000/4 org , Ski Boat Rp 10.000/org , Long Boat Rp 20.000/org , Perahu Tradisional Rp 10.000/org/max 10 org.

Jika nggak suka main air bisa juga Mancing ikan atau sekedar makan di Resto Marina sambil nunggu anak2 berenang.

Puas berenang saatnya pulang .. dan mampir dulu di wahana terakhir TEXAS CITY alias kampung ala coboy.

Setelah sholat Dhuhur jama’ dengan Asar di Anjungan Wali Songo finnaly keluar dari WBL jam 17.30an. Rasanya PUAASSS seharian menikmati nerbagai macam wahana dan berhubung Emak and kel akan melanjutkan perjalanan menuju kota Batu Malang soo .. aneka oleh2 yang di tawarkan pedagan macam ikan asin , buah , dan panganan khas lamongan terpaksa tak dibeli karena takut basi toh liburan kami masih panjang.

Perjalanan ke Kota Batu Malang kami tempuh lewat tol , masuk pintu Manyar dan keluar pintu tol Gempol  (sayang nggak lihat lumpur Lapindonya cos hari udah malam) perjalanan sekitar 3 jam ples berhenti untuk makan dan istirahat maklum bawa anak2 jadi nggak bisa cepat.

Sebelum masuk kota Malang kami melewati Taman Safari II Prigen yg sama seperti Taman Safari Cisarua Bogor  ternyata malam hari juga buka tapi karena tahun lalu sudah pernah kami kunjungi jadi tahun ini lewat saja.

Di kota Batu Malang kami menginap di Villa milik kenalan Nenek. Soo …. saatnya istirahat mengembalikan tenaga dan besok pagi berwisata ke Museum Satwa, Batu Secret Zoo (JATIM Park II) , dan BNS

Day 3

Biarpun kota Salatiga juga sudah dingin tapi tetep kalah dingin dgn  kota Batu yang menusuk sampe tulang bbrrrr … rrr. Setelah mandi n sarapan saatnya berwisata lagi. Perjalanan nggak sampai 20 menit dr villa dan biarpun masih pagi tapi antrian tix sudah mengular panjang.

Tiket terusan BSZ dan Museum Satwa dipatok Rp 75.000/org , juga ada paket Jatim park 1 dan 2 tapi karena Jatim Park 1 sudah pernah maka kami nggak ambil paket itu.

MUSEUM  SATWA

Bangunan depan Museum satwa sangat megah mirip Istana Negara dengan diapit 2 Mamooth di kanan kiri. Halaman depan berundak dan ada patung2 animasi buaya yang lucu.

Masuk awal kami di suguhi aneka satwa burung yang terletak dalam diorama. Di tengah hall ada sarang burung yang besar di penuhi bunga imitasi dan tentu saja burung2 imitasi juga. Cukup bagus untuk di abadikan dengan berfoto di sana.

Selanjutnya hall tengah disambut tulang Dinosaurus , T-Rex dan teman2nya. *ngebayangi di kejar T-rex kaya film Jurassic Park :P

Pada dinding terdapat diorama aneka binatang khas Africa , yang beberapa di antaranya sudah pernah di lihat (hidup) saat ke Taman Safari Prigen dan Cisarua.

Lalu area selanjutnya adalah Insecta .. ada aneka jenis serangga dan kupu2 dari berbagai belahan dunia.

Di Galery Fosil terdapat berbagai jenis fosil hewan baik itu yang aseli ataupun replikanya.

Masih di area GF kebetulan pagi itu ada pertunjukan kecil semacam panggung boneka ,.. yg mengambil tema pelestarian hewan tokohnya adalah Manny dan kawan2 ( Film animasi Ice Age). Di akhir pertunjukan semprotan gelembung sabun yang di ibiratkan salju membuat anak2 berebut untuk memecahkannya .. ehh termauk Emak juga dink .. hehehe.

Area selanjutnya diorama Hewan Air dan Es. Ada beberapa diorama yang bisa dipergunakan oleh pengunjung untuk berfoto. Dan hasilnya mirip aselinya lho

BATU SECRET ZOO (JATIM PARK II)

Dari Museum Satwa kami pindah ke Jatim Park II. Setelah pintu masuk di suguhi Tikus air yang superr gemuuk dan besar. Ayah yang pada dasarnya jijik melihat binatang pengerat itu langsung ngacir cepat2. He he he he. Jangan lupa yah ambil MAP di pintu masuk biar nggak tersesat. Namun seperti di tempat wisata lain, disini juga terpasang arah rute jalan mana yg mesti di lewati.

Konsep BSZ memadukan kebun binatang dan wahana permainan. Penataan kandang binatang yang rapi dan lingkungan sekitar kandang yang bersih membuat nyaman para pengunjung.

Di sini juga menyediakan E-Bike Rp. 200.000/3jm yach lagi2 Emak memilih jalan lah. Alhasil adek Dyan kecapekan trus minta gendong Ayah .. hu huuiiii

Untuk wahana permainan semua free tapi ada beberapa wahana yg memang di khususkan untuk anak2 balita atau max tinggi 125 cm (ada meteran tingginya). Dan Wahana yang menguji adrenalin tentu saja juga ada tapiiii pastinya Emak nggak nyobain .. K A P O K .. hehehe. Hanya Ayah , Ravi dan Mas Dyka yang mencoba wahana2 tersebut.

Wahana keluarga lain adalah Jelajah Benua (spt Istana Boneka), Rumah Hantu ( kayaknya anjungan ini paling favorit dech , antriannya beuuuu mengular naga panjangnya ) ada juga kuda tunggangan yang bisa di naiki 2 org. Eitss jika lapar jangan khawatir karena restoran di sini cukup besar dengan menu yang beraneka ragam .. hanya harganya lumayan mahal sedikit dr resto di luar obyek wisata (yg ini mah udah biasa lagiii)

Tapi yang paling seru adalah memberi makan hewan secara langsung. Pengunjung naik kereta mini dan masuk kawasan binatang dan sebelumnya jangan lupa beli dulu wortel yang di jual pengelola seharga Rp 5.000 perpak nya. Memang terkesan mahal namun keuntungan penjualan buah ini di peruntukan untuk perawatan hewan2 itu juga. Nggak apa2 lah toh nggak tiap tahun sekali bisa ngasih makan onta. He he he he

Kejadian lucunya waktu tiba di kandang kuda nil. Itu sih kunil tiba2 membelakangi kereta dan dengan nggak sopannya be ol dan parahnya itu be’ol muncrat semua ke pengunjung. Huaaaaaahh bau dechh

Beberapa hewan sama antusiasnya dengan pengunjung, hingga kepala2 mereka masuk ke dalam kereta membuat anak2 pada jejeritan. Bukan takut tapi geli campur jijik juga liat gigi onta yang gede2 ples kadang air liurnya netes2 pula. Tapi seruuuuu

Ada kejadian yang cukup bikin tegang pengunjung. Setelah kandang terakhir yaitu Bison, ternyata petugas kalah cepat saat menutup gerbangnya. Alhasil 3 bison kabur mengejar kereta. Untunglah kereta aman walaupun terbuka, tapi di kanan kiri tertutup ram2 kawat besi. Hampir 20 menitan para petugas berusaha menghalau bison2. Pyuuhhh akhirnya mereka balik juga ke kandang. Legaaaaa … J

Dan kamipun melanjutkan ke rute selanjutnya.

Puas ngubek – ubek BSZ .. Nenek ingin nyobain wahana (lupa) tapi kalau di Trans Sudio Bandung namanya Jelajah , Dufan – Arung Jeram. Tiketnya Cuma Rp 20.000/org. Tiap kano bisa diisi 2 – 4 org. Dan suerrrrr … kami sukses jejeritan dan basah kuyup kecuali ayah yang jadi tukang foto. Komentar nenek “ Ternyata ngeri juga … “ dan seperti biasa anak2 malah ketagihan.

Jam 18.00 kami keluar dr area Jatim Park II after ganti baju tentunya apalagi Emak olwes siap baju ganti tiap bepergian. Destination selanjutnya BNS yang paling cuma 5 menit dari BSZ.

BATU NIGHT SPECTAKULER (BNS)

Tahun lalu sih Emak dank el udah pernah kesini tapi tetep aja pengen balik lagi. HTM hanya Rp 15.000 sengaja tidak memilih Tiket Terusan mengingat paling juga nggak bakal semua wahana bisa di coba karena kondisi tubuh yang udah cukup lelah setelah seharian di Jatim Park II.

Puas menikmati malam yang memang spectakuler . Jam 00.00 mungkin lebih kami baru tiba lagi di villa. Mandi air hangat dan langsung tidur. Besok mengunjungi Obyek wisata yang berdiri sejak th 1950 – Selecta.

Day 4

SELECTA

Masih dingin walau jam udah nunjukin angka 8. Seteah sarapan kami start ke Selecta yang hanya di tempuh sekitar 20 menit. Udara yang tetap sejuk membuat kami nggak perlu pakai ac mobil.

Selecta merupakan tempat wisata yang didirikan th 1950 dan sejak itu tempat ini menjadi tujuan wisata yang murah meriah di kota Batu Malang. Walau kini mungkin telah tersaingi dengan adanya Jatim Park 1 dan 2 serta obyek wisata lain.

Jalan menuju Selecta banyak terdapat kebun bunga dan villa serta hotel dr kelas bintang hingga melati (mirip daerah Puncak Bogor) jd kalau berwisata disini jangan khawatir nggak dapat hotel (biasanya cenderung menginap sekitar Jatim Park) karena jarak tempuh kawasan ini hanya 20 – 30 mnt ke Jatim Park

HTM Selecta Rp 15.000/org, disini konsepnya taman bermain dan pemandian (kolam renang). Merasa bakal ngos2an kalau memutari seluruh area. Maka Emak dan Nenek cukup duduk2 santai sambil menikmati bakso Malang yang terkenal itu sembari nunggu anak2 dan ayah yang muter2.

Sebelumnya nggak ketinggalan dong foto2 di taman bunganya. Yuhuii berasa princes dech itu sih mbak Dyni . :)

Seperti biasa dechh .. anak2 kalau lihat air bawaannya pengen mandi aja. Alhasil pada berenang walau menurut emak airnya dingin banget kaya es. Brrrr rrrr

Untunglah setelah puas berenang air dingin, saat bilas ada air panasnya walau bayar Rp 5.000/org gpp lah dari pada lihat anak2 pada gemetar kedinginan.

Setelah menghangatkan diri dengan susu coklat panas dan lagi2 bakso Malang kami melanjutkan ke obyek wisata selanjutnya.

KUSUMA AGROWISATA

Perjalanan hanya 30 menit tapi anak2 sudah tertidur, terpaksa di bangunin dech. Sambil tetep cemberut mereka nurut untuk turun mobil. Ini kali ke 2 kami mengunjungi Kusuma agrowisata. Tempat ini konsepnya wisata petik buah apel , jeruk, jambu dan strawberry. Lahannya menyatu dengan hotel Kusuma.

HTM nya ada bermacam2 paket. Jd misal paket A Rp. 45.000 maka akan bisa petik buah jambu, jeruk, apel masing2 2 buah ples dapat Juice dan Waffel di Amanda Resto. Atau Paket B yg lebih mahal lagi dgn fasilitas buah yg di petik lebih banyak dan dapat  Juice serta nasi goring ala Kusuma. Emak ambil paket paling murah aja, toh dengan 7 orang ntar kan dapet buah gratisnya juga banyak. He he he he he .

Sayang pohon apel sedang masa perontokan daun jadi tidak berbuah sama sekali (setelah panen, daun pohon apel di pangkas habis agar kelak tumbuh tunas daun dan bunga baru)

Eh iya di sini juga terdapat beberapa hewan dalam sangkar. Anak2 suka lihat Siamang yang nggak henti2nya teriak … J

Capek berkeliling kami menikmati segelas juice dan pudding apel ala resto Amanda. Dan sebelum pulang tak lupa borong selai strawberry dan nanas , dodol apel serta minuman/juice dlm kemasan  yang aseli di produksi sendiri oleh Kusuma Agrowisata untuk oleh2.

Jam 16.00 Emak fam udah nyampe villa dan karena ini malam terakhir jadi kami habis mandi langsung  jalan2 ke kota Malang adlist Malang Town Square Mall tujuannya.

Day 5 Go Home Salatiga

Jam 8.00 an Emak pamitan sama empunya Villa. Trus mampir dulu ke pasar buah kota Batu untuk beli apel (sengaja tidak beli di obyek wisata karena di pasar grosir lebih murah). Dan pas jam 10.00 start keluar dari gerbang kota Batu. Kali ini kami lewat jalur tengah. Batu – (potong jalur) Kertosono – Nganjuk – Ngawi – Solo – Boyolali – Salatiga.

Alhamdulillah liburan ini sangat menyenangkan terutama untuk anak2. Psstt .. hari ini juga pas Ayah ultah ke 41 lho, tapi pas kami tagih makan2 eehh .. si Ayah bilang “ lho kan udah di traktir liburan 5 hari masa masih kurang “ .. hehehehe Thanks Ayah udah ngajak kami liburan. Love U.

3 comments on “[TW] : Wisata Bahari Lamongan (WBL), Museum Satwa , Batu Secret Zoo (Jatim Park II) , Batu Night Spectakular (BNS) , Selecta dan Kusuma Agrowisata – Jawa Timur

  • Explore the area and enjoy a sumptuous lunch prior to your guests or family fellow member in townspeople!
    Exploring the Aviation Heritage centre within New Zealand.
    Your reception, the decision cannot be easily copied to
    gain the same advantage.

  • Wah, Malang… Kampung halamanku…. jadi kangen ke Matos dan ke Batu mengunjungi tempat-tempat yang sudah diceritain di artikel ini… Sayangnya aku belum pernah ke Batu Night Spectacular…. Baca artikel ini jadi pengen ke sana… tar deh, kalau pas lagi mudik:)

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: