Pecel Lele Story

Published Desember 5, 2011 by Eonni

Pasti pernah denger jenis makanan yg satu ini kann .. *bangetan kl mpe nggak tau*
Cara mengolahnyapun guampang banget .. Tinggal beli lele d pasar 1 atau 5 kilo, betet’i/bersihkan usus2nya, kasi garam n goreng garing.

Sambelnya terserah selera saja ..  Mau sambel pecel beneran, yg aseli pakai kacang gula jawa lombok dan teman2nya .. atau cuman cabe garam n terasi doang ples lalapan ..
T E R S E R A H bukan terlalu lho *ntar di kira bang rhoma*😀

Tapi Pecel Lele yg satu ini teramat istimewa buat kami *alumni kelas ipa 2* terutama buatku.

Once upon a time in (halaahh) di siang hari yg gersang selagi mapel kimia yg bikin kpala snut snut mumet, terdengar bisik2 merdu di bangku pojok paling belakang ..

“ dweeehh laper khii nda “ ..

“ podo “ .. kruseekkss pssstt sstt bllaa bllaaa .. kruyuukk

“ sego anget ples iwak goreng enakk khiii “ .. slufffpp air liurku seketika terbit mendengarnya. Clingak clinguk kebelakang siapa yg barusan ngomong tadi yach ?

” ada apa Kan ? “ tegur bu Yenni ngeliat aku tolah toleh ..

“ eEemmm lapar buk “ jawabku spontan… wkwkwkwk  … huuuuu koor bergema d kelas .. tuapi sueerr laper banget siang itu. ..
Temen semejaku yg terkenal alim ples puinter langsung nyodok dan dengan pedest berkomentar

“ Ra’ sopaann “ .. Whaaatt .. lapar ko nggak sopan iks. Aneh binti ajaib khi bocah batinku kesel

” eehh .. besok malam kita makan bareng yuk “ katanya tiba2 .. oh my god dia ngajak date ? aww aww .. cubitlah tanganku … I don’t believe it …

“ kayaknya goreng lele, nyambel terasi lalap n nasi anget enak tuh, besok kan jatahku ketempatan belajar kelompok to “ katanya lagi …

weleeehh kiraiinnn mau ntraktir makan di manee getuu, ternyata dapet ide suguhan kalo hbs belajar kelompok. Tiwasan ge er mbul .. (jaman dulu belajar kelompok khi wajib hukumnya, terutama buatku yg males bikin pe er .. khan tinggal nyalin doang) he he he

“ oke “….  ” kelompok kita 15 anak, jd besok bundamu jangan lupa di ingetin beli lele 3 kilo. Ntar aku dech yg masak “ kataku with pede abiees

 

Singkat kata singkat cerita, malam yg cerah penuh bintang2 nan bertaburan (halaahh lebay) .. Kelompokku dah ngumpul semua n lagi asyik ngerjain pe er (teteeep .. aku cuman nyalin maksudnya) .. Tuan rumah ujug2 nyletuk

“ nasinya udah di bikinin ma bundaku, tuh lelenya di wastafel dapur tinggal kamu goreng ntar sambel biar Sandra atau Yoga yg bikin “

” siap boos “ jawabku sambil pergi ke dapur bundanya .. goreng lele mah guampang beibss .. tuaapii alamaaak LELE 3 KILO dalam baskom belum di BETET’I .. mana masih pd hidup pula ..

TiidaakK .. HUuiihhh .. GilIoo .. Mau mundur, tengsin berat dah terlanjur berkoar2 Jago Masak .. mau megang .. Ya Ampyuunn udah merinding duluan .. Akhirnya cuman kupandangi saja tuh Lele yg jogged joged dlm baskom menunggu ajalnya tiba.

“ ada apa ? “ tegur seseorang dari belakangku bikin kaget setengah mati (yg jelas bukan si tuan rumah).

“ ee anuu .. ituu .. “ gagapku seraya nunjuk baskom biru

“ nggak berani megang atau nggak bisa ngebersihin ? “ tanyanya lagi

“ iya a .. dua duanya “ jawabku di sambut senyumannya dan langsung di raihnya pisau dr genggamanku .. satu persatu Lele itu menemui ajalnya dengan sukses ..

Aku cuma bisa bengong memandanginya sambil mbatin .. ‘ busyeet cepet bangeeet, sungguh teganya tanpa perasaan menghabisi nyawa2 tak berdosa itu ‘

“ nggak usah mikir macem2, nih dah bersih .. goreng sana “ katanya singkat seakan tahu apa yg kupikirkan.
Ohh pahlawankuuu … tengkyuuu tengkyuuu so much …🙂 <– senyumku muaniss penuh terima kasiiihhh

Wahaaasil .. acara goreng lele di lanjut makan2 bersama berakhir dengan sukses .. sambel lalap bikinan Yoga .. joss buangeett alias pedest (kalo kurang pedest boleh di tapuk pake sandalnya Tri Agung). Malam itu kami kenyaaaaang …..

Namun inti dari semua ini adalah KEBERSAMAAN, walau hanya dengan sepiring nasi ples lauk cuma Lele tapi KEHANGATAN malam itu akan selalu membekas di hati kami ..🙂 guys do you remember ?

 

NB : Fakta di TKP

– Yg masak Nasi betul2 Bundanya Elvan .. *tengkyu ibu*

– Lele sudah di betet’i n di bumbui oleh (lagi2) bundanya Elvan, penulis tinggal goreng doang ( itupun cuman bentar soale keburu kabur takut kecipratan minyak panas)

– Yg nguleks sambel = rame2 alias kroyokan dan hasilnya ASELI pedes tenan mpe diare 3 hari😦

– Sandal neckerman (baru) milik Tri Agung benar2 raib di colong orang *salahnya ndiri pake sandal bagus*

– Yg nyuci piring dan gelas kotor adalah … gueeeee *huggss*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: