[TW] : Telaga Sarangan Magetan

Published Desember 5, 2011 by Eonni

Yang mukim di Jawa Tengah dan Jawa Timur mungkin tahu atau paling tidak pernah dengar obyek wisata Telaga Sarangan karena obyek wisata ini terletak di perbatasannya.

Nah kali ini Emak share coretan sewaktu liburan ke Telaga Sarangan Magetan 5 Maret 2011. Biarpun rumah di Jawa Tengah tp blom pernah sekalipun datang ke tempat yg berada di lereng Gunung Lawu pd ketinggian 3.265 dpl ini.

Menuju Telaga Sarangan

Dari rumah Emak di Salatiga kami menuju Solo, namun sebelum masuk kota Solo kami ngikutin jalur Bus ke arah Tawangmangu. Kalau nggak tahu jalan paling gampang naya laaahh .. ke arah Tawangmangu.

Bismillah sebelum berangkat

Tiba di gate Tawangmangu kita kena bea masuk permobil rp. 5.000 jika motor rp 1.000. Lurus aja ngikuti penunjuk arah Telaga Sarangan.Jarak Tawangmangu – Telaga Sarangan kurang lebih 15 km. Namun perlu jadi perhatian jika menuju Telaga Sarangan yg lewat Tawangmangu.

1. Kesiapan armada baik itu mobil/motor hendaknya yg sehat2 ya karena jalan yg dilalui walaupun bagus dan lebar namun tanjakannya terlalu tajam.

2. Jangan melakukan perjalanan pd malam hari krn daerah sekitar itu teramat sangat sepi.

3. Yang bawa anak kecil seyogyanya di suruh pipis dulu saat di Tawangmangu karena sepanjang jalan nggak bakal ada pom bensin untuk nunut pipis … kalau meh pipis di pinggir jalan sih ya gpp hehehehe

Sepanjang jalan pemandangannya sangat sangat indah, kanan kiri terbentang sawah dan perkebunan rakyat. Setelah melewati puncak Pass Lawu yg  lebih di kenal dengan Cemara Kandang pemandangan berganti  lebatnya pohon pinus yg sangat tinggi. Kebetulan waktu itu kabut sudah mulai turun padahal masih jam 11 siang … jadi serasa di film2 horor getu dech

Kabut di antara pepohonan

Ehh lupa … saat di Puncak Pass Lawu yg juga di kenal dgn Cemoro sewu sepanjang jalan banyak terdapat tempat2 makan lesehan dengan menu Jagung Bakar, Wedang Ronde, Sate Ayam/Kelinci dan Bakso. harganya biasa2 saja tidak mahal.

Setelah Puncak Pass Lawu jalan mulai menurun, cenderung sepi dan tetap berkelak kelok. Hati hati lah .. pokoknya yg baru dapet SIM nggak usah nyoba2 jalur ini .. ixixixixi

Plang Puncak Pas

Obyek Wisata Cemoro Sewu

Perjalanan hanya memakan waktu 30 menitan. Kemudian sampai di pertigaan obyek. Arah lurus ke kab Magetan, belok kanan arah Telaga sarangan. Jangan kawatir terlewat karena ada papan penunjuk jalannya. Di situ kita di tarik restribusi lagi. Besarannya untuk Mobil rp 3.000 (untuk bus dan sepeda motor Ema nggak tahu) lalu tarip pengunjung Dewasa rp 4.000 dan anak2 nggak tahu juga, soalnya dengan 2 org dewasa dan 3 anak2 Emak hanya kena biaya 15.000 diganti 1 karcis parkir dan 3 tiket dewasa … kuropsi ? yaa bukan salah emak dunk kan niatnya juga mau bayar tp yg diminta petugasnya cuman segitu … Alhamdullillah🙂

Telaga Sarangan

Obyek Wisata Telaga Sarangan berupa sebuah telaga di tengah2 pegunungan Sidoramping. Dibagian tengah telaga ada gundukan kecil yaachh bisa dibilang pulau kecil tp wisatawan tidak dapat mengunjunginya krn hanya terdapat semak belukar. Pemadangan disini sangat sangat indah karena kita dapat melihat pantulan pd telaga. Dan udara di sini sangat sejuk sekitar 18 – 23 derajat celcius

View Telaga Sarangan dari atas bukit

Pulau kecil di tengah telaga

View dari dermaga

In the morning

Muterin Telaga Sarangan

Yg dilakukan Emak beserta keluarga adalah keliling pinggir telaga dengan naik kuda yg cuman bayar Rp 35.000 sekitar 20 menitan.  Trus keliling telaga naik Speed Boad rp 40.000 sekali putar. Kalao paket rp 100.000 3 kali putaran. 1 Speed Boad bisa muat 5 org dewasa.
Ada juga sepeda air yg berupa  wahana bebek tp jangan kawatir kalo pegal kaki krn bebek air itu sudah di beri mesin hanya saja cuma muat 2 org dewasa dgn  harga sewa rp 40.000. Namun bila ingin wisata sekalian berolah raga bisa juga kok berjalan kaki mengelilingi tepi telaga yg luasnya 1287m sesuai yg tertera pd pinggiran telaga … di jamiinnn loyooo daahhh

naik kuda euiii

on boat

luas telaga pasir

Tarif sewa boat

Bebek air

Air Terjun

Dekat dengan Telaga Sarangan, ada pintu masuk menuju air terjun. Ada tiga buah air terjun yang dapat Anda kunjungi di sini yaitu air terjun Watu Ondo, Pundak Kiwo, dan Jarakan. Dan di dekat pintu masuk salah satu air terjun ini, ada bekas pesawat yang nongkrong dijadikan monumen. Katanya sih ini hibah dr TNIAU yg Pangkalan Utama nya di Kota Madiun (tetangganya Magetan).

Tapinya Emak dan keluarga nggak ke air terjun soalnya jalan kakinya jauuuuuuhhh kasian si kecil lah kalau jalan terlalu jauh (padahal emak yg gak mau dink). Bisa juga dengan naik kuda tuapii rp 120.000 per kudanya … waakksss

Sekedar share .. terdapat juga air terjun Tirtosari yg juga berada dlm satu komplek Telaga Sarangan (gambar dapet copas dr web tetangga)

Air Terjun Tirtosari

Lapar ? …. Yuuuk maeemmm

Setelah puas keliling telaga, cuaca dgn suhu dingin pastinya membuat perut keroncongan. Disini banyak tersedia sate ayam , sate kelinci, bakso dan harganya SAMA rata di setiap warung. 1 porsi sate dgn lontong rp 10.000 jika tanpa lontong rp 6.000 bakso rp 6.000. Kita bisa menikmatinya sambil lesehan di pinggir telaga. Enak tooo. Ehh jenis makanan lain seperti ayam bakar/goreng, sop daging juga ada. Ada juga nasi pecel dengan bumbu khas Madiunnya. Patut di coba dech.

Jagung dan Roti Bakar

   Sate Ayam

Dinner di Resto

     

Nunggu mpe ngantuukkk

Penginapan

Telaga Sarangan berjibun hotel dari kelas melati hingga bintang 3. Harganya cukup berfariasi…saran saja sih. Cek dulu hotel yg di tawarkan nggak usah buru2 OKE. Kalau perlu lihat2 lebih dr 2 hotel dan yg penting TAWAR lah.
Sebagai patokan hotel kelas melati dgn 2 kmr tidur/km mandi di tiap kamar ples ada ruang tamunya permalam hanya rp 300.000 (pdhl musim liburan) jadi kalau hanya 1 kamar pasti lebih murah lagi lah. Dan pastikan pada calo yg mengantar anda bahwa hotel tersebut mempunyai AIR PANAS krn nggak bakalan bisa mandi krn aernya huuuuuuaaaa duuuiiiinnnggiiiiinnnn banget bbbrrrrr.
Jika memilih hotel agak bagusan ada Hotel Telaga Mas telp 0351 888761 / 62 reservasi dulu jika musim liburan krn biasanya over booked

depan hotel

Suasana malam hari di Telaga Sarangan hampir sama dengan obyek wisata lain. Tp waktu emak ke sini cuaca pas malam hari hujan deras, alhasil nggak bisa menikmati hawa malam Sarangan. Jadinya mas Dyka asyik main PS (bawa PS dr rumah, Emak nginet, Ayah, mbak Dyni dan adek Dyan main perang2an alias ngacak2 kasur hehehehe)

Oleh – oleh

Emak cuman beli tas rajutan seharga Rp 40.000 yg semula ditawarkan Rp 60.000. Namun disini juga banyak dijual hasil kerajinan tangan dr bambu dengan harga 5.000 – 100.000 tergantung jenisnya. Atau baju2 batik dan pastinya khas daerah dingin adalah sayur mayur yg di jual perkeranjangnya rp 5.000 – 10.000 dgn berbagai macam jenis tergantung permintaan pembeli.

Pasar Oleh2

tetap ditemani kabut

Selamat menikmati liburan yaa … nantikan tulisan liburan Emak yang lain

One comment on “[TW] : Telaga Sarangan Magetan

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: